Fungsi dari puasa buat kesehatan

Fungsi dari puasa buat kesehatan

sepanjang beberapa ribu th., puasa adalah satu bentuk ibadah yang lazim dikerjakan oleh manusia. kita dapat lihat catatan histori yang merekam praktik puasa jadi ritual yang diakui, dapat mengasih kesehatan apalagi keabadian. orang mesir kuno mengakui bahwa kelebihan makan dapat mendatangkan penyakit hingga butuh dikerjakan pengurangan konsumsi makanan ke didalam tubuh, yaitu dengan praktik puasa. tak hanya itu, phytagoras, seorang filsuf yunani kuno, mengakui bahwa berpuasa dapat memurnikan pikiran manusia sebab puasa dapat menyingkirkan racun dari tubuh. belum lagi, kepercayaan orang-orang inca di peru dan suku-suku asli amerika berikutnya yang lakukan puasa jadi bentuk penebusan dosa. pada kehidupan moderen, puasa jadi bentuk ibadah bisa ditemukan pada empat agama besar dunia, yaitu islam, kristen, yahudi, dan buddha.

tiap-tiap agama mempunyai bentuk puasa yang khas, baik saat metode ataupun hari pelaksanaannya. jadi contoh, sekarang ini seputar kian lebih satu miliar muslim lakukan puasa ramadhan tiap-tiap th., begitupun dengan jutaan orang yahudi yang berpuasa di hari yom kippur. belum lagi beberapa puluh jutaan orang hindhu yang berpuasa di hari ekadashi.

dengan umum, puasa adalah kondisi dimana tubuh tidak memperoleh konsumsi makanan dan minuman, dari waktu fajar sampai waktu terbenamnya matahari. perihal ini bermakna tidak ada konsumsi senyawa glukosa didalam tubuh kita sepanjang berpuasa. jadi bahan bakar utama otak, absennya senyawa glukosa ini diduga mengakibatkan berkurangnya daya atau kinerja otak didalam berpikir sepanjang berpuasa. apakah benar demikian ?

dunia sains mengartikan akal budi jadi kognisi yang meliputi beraneka proses mental untuk memperoleh pengetahuan. misalnya adalah berpikir, mengingat, mengambil keputusan suatu hal, dan memecahkan problem. semua contoh itu adalah manfaat yang membentuk bahasa, imajinasi, persepsi, dan rencana ( wagner 2009 ). beberapa fungsi tersebut diproses didalam otak yang mempunyai jutaan sel saraf. nah, sel saraf inilah yang bertanggung jawab didalam pelaksanaan proses mental.

layaknya sel-sel tubuh berikutnya, sel saraf membutuhkan energi yang cukup untuk bekerja dengan baik dan benar. energi ini sebatas datang dari glukosa. oleh sebab itu, untuk menggerakkan manfaat mental, otak manusia membutuhkan glukosa yang cukup. dengan anggapan ini, puasa jadi keadaan dimana makanan tidak masuk ke didalam tubuh kurun waktu spesifik, diduga bisa menurunkan mutu proses mental yang ada didalam otak.

walau demikian, fakta menunjukkan bahwa kurangnya glukosa pada waktu puasa tidak menghalangi pemenuhan keperluan glukosa didalam otak. bagaimana pun juga, tubuh kita adalah sistem pengatur energi yang canggih. tubuh senantiasa dapat melindungi keseimbangan ( homeostatis ). jadi, tulisa tubuh mendeteksi adanya kekurangan glukosa lantas glukosa tambahan, akan dibentuk dari sumber berikutnya yang ada didalam tubuh, layaknya glikogen dan protein.. pembentukan glukosa yang baru ini ( glukoneogenesis ) buat ketersediaan glukosa didalam otak jadi seimbang ( rochmyaningsih 2009 ). lewat cara layaknya itulah, otak manusia dapat bekerja normal pada waktu puasa harian, layaknya puasa senin-kamis serta juga puasa ramadhan.

layaknya yang kita ketahui, dewasa ini makanan sampah ( junkfood ) berlimpah. sangat banyak kita temukan orang yang jarang berpuasa dan konsumsi makanan dengan berlebihan, tak tahu itu kerap konsumsi mi instan, makanan manis, makanan cepat saji ( fast food ), makanan berlemak, dan lain sebagainya. fenomena ini adalah perihal yang buruk untuk kesehatan orang berkaitan. tingginya mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dapat menyebabkan tingginya kegiatan sistem tubuh. kita buat sistem tubuh kita lelah dengan makanan-makanan yang kita masukkan dengan berlebihan. tidaklah heran, bila pola makan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan penyakit, layaknya obesitas serta juga diabetes ( halberg 2005 ). butuh kita ketahui disini bahwa diabetes adalah penyakit yang dapat mengundang penyakit berikutnya, layaknya penyakit kardiovaskuler, stroke, serta juga karsinoma ( bartness et al 2002 ).

nah, dengan puasa berselang-seling, jadi bentuk pembatasan kalori, kita dapat menghindar penyakit-penyakit ini. dengan konsumsi makanan yang berkurang, kita dapat buat sistem pencernaan tubuh kita beristirahat, berhemat saat menggunakan makanan yang masuk, dan memperoleh manfaat metabolisme tubuh yang optimal ( haldberg et al 2005 ). puasa berselang-seling juga bisa meningkatkan sensitivitas hormon insulin hingga beruntung untuk pengaturan glukosa didalam tubuh ( anson 2003 ).

di indonesia, umumnya orang menyalahkan puasa jadi perihal yang buat mereka kurang berkonsentrasi waktu bekerja. padahal, sesungguhnya yang mengganggu mereka adalah sensasi lapar. sensasi ini benar-benar bisa mengganggu konsentrasi sebab di proses didalam otak juga. walau demikian, kita bisa mengabaikan sensasi ini bila kita betul-betul berkonsentrasi penuh pada pekerjaan kita. faktanya, belum ada penelitian yang tunjukkan bahwa puasa harian mengakibatkan berkurangnya kinerja otak didalam berpikir. puasa aman untuk diamalkan. namun, apa yang mengakibatkan puasa layak disebut style hidup yang sehat ?

didalam pandangan saya, apa yang mengakibatkan puasa berguna untuk kesehatan. puasa berselang-seling adalah salah satu bentuk pembatasan kalori ( caloric restriction ). pembatasan kalori adalah usaha membatasi jumlah makanan yang masuk ke didalam tubuh.

maka dari itu dari itu kita semua janganlah takut untuk berpuasa, sebab puasa amat berguna untuk kesehatan dan disaming itu juga menghindar sifat konsumerisme di dalam budaya masyarakat indonesia.

Bahan Alami yang Digunakan Supaya Puasa Tetap FIT

1. madu

khasiat : menambah stamina dan mempertahankan stabilitias tubuh supaya terus sehat dan bugar, melancarkan proses metabolisme, untuk kecantikan dan awet muda, menghindar gangguan pencernaan, dan lain-lain

2. kurma

khasiat : menambah stamina dan energi, menghindar & menangani anemia ( kurang darah ), melancarkan pembuangan, jadi penenang ( merileksasi sel otot tubuh yang tegang ), menghindar pendarahan rahim

3. jahe

khasiat : menambah stamina, menangani perut kembung, masuk angin, mual, muntah, sakit kepala, pusing, demam, dan lain-lain

4. temu lawak

khasiat : menambah stamina tubuh/tonikum, kurang darah, radang lambung/maag, perut kembung, dan lain-lain

5. kencur

khasiat : menambah stamina tubuh, menyingkirkan bau mulut, radang lambung, kembung, mual, muntah, masuk angin, dan lain-lain

6. kunyit

khasiat : memperlancar pengeluaran empedu hingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut

7. kayu manis

khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

One Direction Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger