Ibu Hamil Sering Terkena Migrain - Tanya Jawab


Pertanyaan :
Dokter yang terhormat, sekarang saya tengah hamil dengan usia 12 minggu, tetapi akhir-akhir ini saya sering menderita migrain dan sakit kepala yang hebat. Adakah obat yang aman untuk saya konsumsi guna mengurangi rasa sakit kepala itu ya dok? Mohon infonya. Terima kasih. - Fifin Septianawati,32 - Cibubur

Jawaban :
Hai Ibu Fifin yang baik hati, semoga selalu diberi kesehatan terbaik dalam masa kehamilan hingga masa persalinan nanti. Berdasarkan apa yang ibu telah utarakan, maka situasi pada saat kehamilan memang mengalami perubahan hormonal. Sehingga kondisi sakit kepala yang Ibu Fifin alami tersebut merupakan gejala yang biasa terjadi pada ibu hamil.
Dimana, hal tesebut bisa disebabkan karena kurangnya volume darah ibu secara relatif serta proses penurunan tubuh terhadap si kecil. Meski demikian memang secara normal perubahan hormonal pada saat kehamilan disertai dengan peningkatan sensitifitas ibu hamil yang dapat menjadi stimulan bagi tercetusnya migrain, seperti cuaca panas terik, bising, ataupun jenis makanan serta minuman tertentu.
Dalam hal ini sakit kepala tersebut dapat dikurangi dengan beristirahat,maupun melakukan teknik pijat ringan. Pada aspek kerangka preventif yang bersifat memberikan pencegahan sekaligus membantu stamina ibu hamil untuk tetap dapat paripurna adalah dengan melakukan aktifitas ringan serta olah raga. Serta menjauhi hal-hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya migrain sesuai dengan kondisi yang ibu alami.
Penggunaan obat-obatan seperti Paracetamol juga dapat membantu mengurangi sakit kepala yang ibu derita, namun akan lebih baik dalam hal ini ibu berkonsultasi dalam hal pemakaian serta konsumsi obat tersebut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Bila dengan penanganan tersebut sakit kepala yang ibu derita tetap ada, permanen ataupun bertambah parah, tentu diharuskan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ibu.
Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga setelah ini dapat tetap prima dalam masa kehamilan bebas dari migrain ya bu, salam sehat. (RS).


 http://id.she.yahoo.com
Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

One Direction Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger